DLHKP Kota Kediri, Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah di Bank Sampah Sri Wilis Kelurahan Pojok, Kota Kediri

INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI-Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Pemkot Kediri mengadakan Pelatihan Daur Ulang Sampah yang dibuka langsung oleh Rony Yusianto, S.Sos Kabid Kebersihan & Pengelolaan Sampah DLHKP Kota Kediri, yang bertempat di Lingkungan Bank Sampah Sri Wilis di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Senen (17/9/2018).

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih warga supaya warga bisa memanfaatkan atau mengelola sampah dengan bijak terutama sampah rumah tangga," ungkap Rony Yusianto, S.Sos Kabid Kebersihan dan Pengolahan Sampah.

Rony menyampaikan bahwa Mengacu pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dengan diterbitkanya PP 81 Tahun 2012 dan Perda Kota Kediri No 3 Tahun 2015 yaitu Tentang Pengelolaan Sampah, perlu diketahui apa yang di sebut dengan sampah rumah tangga.

"Sampah Rumah Tangga adalah sampah yang berasal dari Kegiatan sehari-hari dalam rumah tangga, bisa dimanfaatkan sebagai kompos atau kerajinan tangan, "beber Rony.

Ridwan Salimin, SKM.MM,Kasi Pemanfaatan Sampah dan Penanganan Limbah B3 DLHKP Kota Kediri, dihadapan para peserta pelatihan daur ulang menjelaskan, dengan melakukan upaya pelatihan ini diharapkan warga mengerti bahwa sampah rumah tangga bisa bermanfaat dengan sistem pengomposan dan juga bisa mengurangi volume sampah ke TPA ( Tempat Pembuangan Akhir ).

"Pihaknya melakukan mensosialisasikan dan juga mengadakan pelatihan sistem pengomposan biofori atau pengomposan langsung didalam tanah, manfaat pengomposan biofori itu sendiri," ungkap Ridwan.

Ridwan Salimin dihadapan peserta daur ulang menjelaskan pelatihan daur ulang sampah kali ini, melalui pengomposan juga bisa sebagai penyimpan sumber air, kelebihan pengomposan biofori ini sendiri adalah caranya yang lebih simple, ramah lingkungan, dan tidak memakan tempat.

"Dengan sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan menjadi salah satu solusi terciptanya lingkungan yang sehat dan mengurangi timbunan sampah yang dibuang di TPA,"ungkapnya. (Adv/Dlhkp) 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita