Aloka Mendesak Kapolda Jatim, Untuk Mensuport Polres Kediri, Mengusut Tuntas Dugaan Suap Pengisian Perangkat Desa Kab Kediri.

INDONESIASATU.CO.ID:

KAB.KEDIRI - Aksi Damai Aliansi LSM Ormas Kediri Raya (Aloka) terkait Usut Tuntas Suap Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Kediri, mendatangi Markas Polisi Derah (Mapolda) Jawa Timur, Senen (7/5/2018)

Melalui Aksi Damai Aloka meminta Kapolda Jatim dan jajarannya untuk memberikan atensi khusus, atas terjadinya realita penegakan hukum untuk serius dan profesional di jajaran Polres Kediri di Pare, khususnya dalam penanganan kasus Dugaan Suap Dalam Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Kediri Tahun 2018.

Kronologisnya berawal Pemerintah Kabupaten Kediri, 52 Desa di Kabupaten Kediri pada bulan Januari hingga Maret 2018 telah melakukan rekrutmen perangkat Desa, dengan rangkaian kegiatan penjaringan atau pendaftaran calon, penyaringan atau ujian, pengumuman peringkat hasil ujian, pengangkatan dan pelantikan.

Bahwa pada awalnya tidak ada permasalahan hukum yang signifikan saat 47 Kepala Desa mengangkat dan melantik calon Perangkat Desa yang dalam ujian menduduki posisi peringkat 1.

Permasalahan hukum baru muncul, setelah ada 5 Kepala Desa yang mengangkat dan melantik calon yang bukan peringkat 1. Ke lima Desa itu adalah Desa Baye dan Nanggungan Kec Plemahan, Desa Sambirejo Kec Pare, Desa Kepuh Kec Papar dan Desa Panjer Kec Plosoklaten.

Aloka meminta kepada Kapolda Jatim untuk memberikan atensi khusus terhadap kasus dugaan suap pengisian perangkat desa di Kabupaten Kediri.K

Aloka meminta agar Kapolres Kediri untuk melanjutkan pengusutan terhadap kasus ini lebih serius, hingga ditemukannya tersangka dalam kasus ini, untuk memunculkan efek jera dan menghapus budaya suap dalam pengisian perangkat desa di Kab Kediri.

Usai dari Mapolda Jatim saat dihubungi via WhatsApp Roy Kurnia Irawan, Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Roy mendesak Kapolda Jatim untuk memback up Polres Kediri agar berani mengusut tuntas laporan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kediri.(prijo)

  • Whatsapp

Index Berita